HUT HKN KE-56 PPNI BALI MENYATUKAN TEKAD MEWUJUDKAN BALI SEHAT DAN MENDUKUNG PEMERINTAH DALAM PENANGANAN COVID-19

0
192

Peringatan Hari Hari Kesehatan Nasional ( HKN ) yang Ke-56 cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dikarenakan tahun ini kita merayakan hari Kesehatan Nasional dalam suasana Pandemi sehingga dilaksanakan dengan mematuhi protokol Kesehatan Covid-19.

Persatuan Perawat Nasional Indonesia Provinsi Bali ( PPNI Bali ) menyelenggarakan HKN yang Ke-56 sebagai wujud terimakasih kepada seluruh perawat Bali yang telah hampir semilan bulan telah berjibaku melawan ganasnya Covid-19. Hari Kesehatan Nasional ke-56 yang jatuh tanggal 12 November 2020, dirayakan secara sederhana di Inna Grand Bali Beach, Sanur dengan mengambil tema “ PPNI Bali Menyatukan Tekad Menuju Indonesia Sehat”, “Jaga Diri, Keluarga  dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19”.

Dalam sambutannya I Gusti Ngurah Ketut Sukadarma, SKp.,M.Kes selaku Ketua Dewan Pengurus Wilayah Persatuan Perawat NasionaI Indonesia Provinsi Bali memaparkan profile Perawat yang ada di  Provinsi Bali, kondisi-kondisi yang dialami oleh Perawat di Provinsi Bali serta kemajuan kemajuan yang dialami oleh Perawat di Provinsi bali, serta upaya yang telah dilakukan dalam rangka mendukung upaya penanganan Covid-19 di Bali.

Pada kesempatan yang sama juga dilaporkan hingga saat jumlah perawat yang terconfirmasi Covid-19 sebanyak 558 orang dan tidak ada yang meninggal. DPW PPNI Bali terus berupaya menjaga agar tidak sampai ada anggota yang meninggal dengan Visi “ Zerro Death”. Upaya itu dilakukan dengan pelatihan pencegahan infeksi, manajemen ketenagaan, peningkatan sistem imun dan secara spiritual.

Dalam kesempatan ini Ketua DPW PPNI Provinsi bali mengucapkan terimasih banyak kepada seluruh Perawat yang telah berjuang bersama  dalam menangani pasien covid-19 dan bepesan agar tetap semangat, saling menjaga, tetap mentaati protokol Kesehatan Covid 19.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali dr. Ketut Suarjaya, MPPM yang juga menghadiri kegiatan tersebut dalam sambutanya mengucapkan terimakasih banyak kepada seluruh Perawat di Provinsi Bali dan seluruh OP kesehatan se-Bali,  karena dari awal pandemi sampai saat ini sudah membantu dengan sekuat tenaga dan tetap semangat pantang menyerah dalam menangani Pandemi Covid -19 di Wilayah Provinsi Bali dan berharap terus bersemangat dan terus diberikan Kesehatan. Selanjutnya kerjasama dari PPNI dan segenap organisasi kesehatan diharapkan mampu mendukung pemerintah dalam penanganan Covid-19

Peringatan HKN dibuka secara Resmi oleh Sekda Propinsi Bali, sekaligus Ketua Harian satgas Covid-19 Bali, Drs. Dewa Made Indra, M.Si. Dalam sambutannya Dewa Indra  Provinsi mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh perawat di Provinsi Bali dan seluruh Organisasi Profesi se Bali karena telah berjuang bersama tanpa rasa lelah dalam menangani pandemi Covid-19. Menurut Dewa Indra dalam penanganan Pandemi Covid-19 Perawat memiliki peranan penting karena berada di tiga barisan yaitu di barisan hulu, barisan tengah dan barisan hilir.

Perawat di barisan hulu berjuang memberikan informasi dan edukasi kepada masyarat terkait pandemi covid 19, di barisan tengah perawat merjuang merawat masyarakat yang sudah terpapar Covid-19 dengan melakukan karantina dan bagian hilir perawat berjuang merawat masyarakat di rumah sakit karena sudah tidak dapat dirawat di karantina lagi dikarenakan kondisi tertentu.

Jadi profesi perawat sangat penting dalam penanganan Covid-19, Lebih lanjut Dewa Indra mengatakan merawat pasien Covid-19 merupakan Yadnya yang senantiasa akan mendapatkan pahala yang luar biasa dan mengapresiasi perjuangan perawat di Provinsi Bali karena bersyukur perawat di Bali tidak ada yang gugur dalam merawat pasien Covid-19.

Peringatan HKN disamping dihadiri oleh perwakilan perawat Se-Bali dan organisasi profesi kesehatan se-bali, juga dihadiri  para Pimpinan Rumah Sakit Rujukan Covid-19 Provinsi Bali, Direktur Rumah Sakit Daerah di Seluruh Bali dan Relawan Karantina Covid-19 Dinas Kesehatan Provinsi Bali.

Acara diakhiri dengan  Renungan yang dibawakan  oleh Bapak Jro Mangku Dalang Nardayana S.Sn.,M.Fil.H (Dalang Cenk Blonk). Renungan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali hakekat pelayanan sebagai dharma tertinggi. Perawat merupakan profesi mulia yang mampu memuliakan jiwa-jiwa manusia yang sakit dan membutuhkan pelayanan. Apalagi di saat pandemi Covid-19, maka perawat diharapkan terus berjuang dan jangan merasa lelah, karena jika merasa lelah artinya kita sudah kalah  dari Virus Covid-19.

DPW PPNI Bali.doc

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here