Anggrek bulan sebagai bentuk empati kepada Perawat pejuang Covid 19

0
336
Anggrek Bulan Wujud Empati Masyarakat Kepada Pejuang Covid 19

Pandemi Virus Corona atau lebih dikenal dengan Covid 19 masih belum berakhir, korban masih terus bertambah baik korban yang terpapar Covid 19 maupun korban meninggal dunia. Dunia masih terus berjuang untuk memerangi pandemi tersebut.

Tenaga kesehatan yang terdiri dari tenaga medis, Perawat, dan tenaga kesehatan lainnya masih terus berjuang di segala lini untuk memerangi Covid 19, rasa empati semakin besar ditunjukan oleh masyarakat dengan perjuangan tak kenal menyerah yang dilakukan oleh tenaga kesehatan. rasa empati ini ditunjukan dengan pemberian bantuan oleh masyarakat dalam berbagai bentuk seperti APD, desinfektan, hand sanitaizer, vitamin, minuman suplemen, dan sebagainya.Masyarakat juga ada yang menunjukan rasa empatinya dengan cara yang cukup unik.

Di tengah-tengah perjuangan Perawat dalam memerangi Covid 19 muncul sebuah cerita yang sangat inspiratif sekali untuk kita semua khususnya sejawat Perawat. Adalah I Nengah Rai Sibang, Amd Kep (53 tahun) yang mengalami ungkapan rasa empati yang cukup unik dari masyarakat atas perjuangannya dalam melawan Covid 19. Beliau adalah seorang perawat senior yang merupakan anggota PPNI DPD PPNI Karangasem DPK Abang. Sehari-harinya beliau bertugas di Puskesmas Pembantu (PUSTU) Desa Tribuana sejak Tahun 1990 sampai sekarang, Merangkap dinas di Puskesmas Abang I memegang program mata dan sampai saat ini masih aktif jaga 24 jam di UGD.

Pada usianya yang sudah tidak muda lagi beliau masih semangat berada di garis depan dalam memerangi Covid 19 terbukti pada tanggal 16 April 2020 sekitar Pukul 19.30 Wita beliau menerima tugas dari kepala Puskesmas Abang I untuk menjemput ODP di rumahnya. dengan berpakaian APD lengkap level 3 (tiga) dan berbekal keyakinan yang tinggi beliau berangkat untuk menjalankan tugas melakukan penjemputan Searang laki-laki dewasa dan anaknya dengan keluhan demam, muntah, dan mencret, dengan riwayat kontak dengan pasien Covid 19 untuk dirujuk ke RSUD Karangasem.

Satu hari berselang, Babin kamtibmas Kecamatan Abang beserta Kepala desa mendatangi Bapak I Nengah Rai Sibang, Amd Kep untuk meminta data ODP yang dijemput dan menceritakan kronologis penjemputan, hal ini menjadi buah bibir di masyarakat luas dan sempat diberitakan oleh Bapak Kepala desa sehingga menjadi Viral di media sosial. banyak yang memberikan Doa dan semangat kepada beliau termasik owner dari Duta Orchid yaitu Ibu Ni Wayan Srilaba.

Ibu Ni Wayan Srilaba menelpon beliau dan menyampaikan rasa empatinya yang mendalam atas perjuangan yang dilakukan dalam usia yang tidak muda lagi, dan dijanjikan sesuatu sebagai ungkapan rasa empati dari owner Duta Orchid tersebut, tetapi beliau saat itu belum mengetahui apa yang akan diberikan.

Pada tanggal 26 April 2020 datang dua orang dengan mengendarai sepeda motor dan membawa sebuah pot anggrek berukuran besar ke rumah beliau, dengan perasaan terkejut beliau berkata “Saya tidak punya uang untuk membayar anggrek ini” dan dijawab oleh salah satu pengantar anggrek tersebut “Tidak usah dibayar pak, ini kiriman dari bos kami dan bapak tinggal tanda tangan lembar serah terima saja”. Akhirnya satu buah pot anggrek besar dengan bunga anggrek jenis anggrek bulan berwarna putih yang sangat indah diterima oleh Bapak Rai sibang di rumahnya Banjar dinas Abang kaler, Kecamatan Abang Karangasem. Bunga anggrek ini sebagai bentuk rasa empati dari Owner Duta Orchid atas perjuangan seorang perawat yang dengan semangat dan tanpa pamrih melaksanakan tugas melayani pasien Covid 19 meski usianya tidak muda lagi.

Bapak I Nengah Rai Sibang, Amd Kep juga berpesan kepada kita seluruh perawat “Jangan takut melaksanakan tugas mulia kemanusiaan, Tuhan pasti memberikan jalan yg terbaik” .

Cerita inspiratif dari seorang Perawat senior yang bertugas di ujung timur pulau Dewata ini hendaknya dapat menjadi renungan dan menambah semangat bagi kita insan keperawatan untuk selalu melaksanakan tugas melayani sesama yang membutuhkan dengan tulus ikhlas dan penuh semangat

Salam PPNI!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here